Get Adobe Flash player
Logo Wonderful Indonesia

Hotel

Quick Link

Kaltim Prov. Website

Disbudpar Provinsi Kaltim

Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia

Maksud & Tujuan, Isu Strategis & Permasalahan

Rancangan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Kebudayaa dan Pariwisata dimaksudkan sebagai penjabaran dari Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2012, antara lain :

  • Menjadi pedoman bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk menyusun Rancangan Akhir Rencana Kerja (Renja SKPD) Tahun 2012 di lingkup Provinsi Kalimantan Timur;
  • Menjadi pedoman penyusunan RKPD Kabupaten/Kota;
  • Menjadi acuan penyusunan KUA dan PPAS Tahun 2012;
  • Menjadi pedoman dalam penyusunan RAPBD Tahun 2012.

Adapun tujuan dari penyusunan Renja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2012 adalah terciptanya Sinkronisasi dan Integritas Program/Kegiatan Pembangunan antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur, sehingga pelaksanaan pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata dapat terlaksana dan bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.

Isu Strategis dan Permasalahan

  1. Isu-isu Startegis

Kepariwisataan ditetapkan sebagai salah satu strategis RKPD rovinsi Kalimantan Timur yang akan menjadi dasar perumusan strategis dan arah kebijakan pembangunan selanjutnya, yaitu Peningkatan Daya Saing, Iklim Investasi dan Kepariwisataan. Seangkan Isu Strategis di Bidang Kebudayaan Pariwisata adalah sebagai berikut :

  • Instruksi Presiden No. 16 Tahun 2005 tentang Kebijakan Pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata secara terpadu melibatkan 22 lembaga/instansi pemerintah. Diharapkan dengan adanya Inpres tersebut pengembangan Pariwisata dapat bersinergi dan mendapatkan dukungan dari lembaga lain yang terkait.
  • RIPPDA Pariwisata Tahun 2003 telah memberikan pedoman dan arahan bagi Pengelolaan Kepariwisataan Daerah berdasar atas kondisi internal dan eksternal.
  • Peraturan Daerah No. 22 Tahun 2008 tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah Provinsi Kalimantan Timur menjadi acuan Pengembangan Kepariwisataan di Kalimantan Timur.
  • PP No. 41 Tahun 2008 tentang Perubahan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menjadi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, yang juga menaungi UPTD Taman Budaya dan Permuseuman.
  • Sejak Tahun 2009 Kalimantan Timur ditetapkan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI sebagai salah satu dari 10 Destinasi unggulan di Indonesia bersama Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, NTB, NTT dan Papua Barat.
  • Gubernur Kalimantan Timur pada Januari 2009 mencanangkan Tahun Kunjungan Wisata “Visit East Kalimantan.”

 

 

Share & Enjoy

Share to Google Buzz
Share to Google Plus
Share to LiveJournal
EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
Visit Kaltim

Buku Tamu


Warning: Creating default object from empty value in /home/kaltipari/public_html/wp-content/plugins/schreikasten/schreikasten.php on line 1814
You must be signed in to post a comment
Vila Istana Bunga
(Friday, Aug 8. 2014 11:53 PM)
Vila Istana Bunga
(Friday, Aug 8. 2014 11:40 PM)
VILLA ISTANABUNGA MENYEWAKAN BANYAK RAGAM JENIS VILLA DI LEMBANG BANDUNG
UNTUK INFORMASI SILAHKAN KUNJUNGI WEBSITE KAMI: http://VILAISTANABUNGA.WEB.ID

1

Hit Counter provided by recruiting services

Kontak Online