Get Adobe Flash player
Logo Wonderful Indonesia

Hotel

Quick Link

Kaltim Prov. Website

Disbudpar Provinsi Kaltim

Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia

Berau

Berau merupakan salah satu Destinasi Unggulan yang dominan di kunjungi wisatawan mancanegara, karena di Kabupaten ini terdapat beberapa buah pulau yang memiliki potensi laut sangat kaya dan keindahan taman laut dan keanekaragaman Biota Lautnya. Untuk mengunjungi obyek wisata ini dengan menggunakan pesawat udara dari Samarinda ke Tanjung Redeb ibukota Kabupaten Berau, dilanjutkan menggunakan  speed boat ke Pulau Derawan.

Pulau Derawan merupakan Obyek Wisata Unggulan di Kalimantan Timur dengan fasilitas seperti Cottage, Alat Selam, Restoran dan Speed Boat (dari Balikpapan). Untuk menuju Berau dapat dicapai melalui perjalanan Balikapan/Samarinda-Berau.

*. Obyek Wisata Unggulan Di Kabupaten Berau :
  • Pulau Derawan, Pulau Sangalaki dan Pulau-Pulau Lainnya

Pulau tersebut termasuk dalam wilayah kecamatan kepulauan Derawan. Pulau Derawan ke Pulau Sangalaki memakan waktu 1 jam perjalanan dengan menggunakan speed boat. Nama pulau-pulau yang ada disekitarnya adalah Pulau Menumbar, Pulau Kakaban, Pulau Pemana, Pulau Sambit, Pulau Bakungan, Pulau Inaka dan Pulau Maratua. Di perairan sekitar pulau-pulau tersebut terhampar Karang Laut yang sangat indah, berbagai jenis Ikan Hias, juga terdapat Ikan Duyung, Kepiting, Kenari, Penyu Hijau dan Mutiara Alam. Kepulauan ini mempunyai potensi laut yang sangat kaya dan menurut para ahli bahwa keindahan taman laut dengan keanekaragaman Biota Laut yang hidup di perairan Kepulauan Derawan ini termasuk nomor 3 (tiga) di dunia.

Pulau Derawan sejak tahun 1993 di kelola oleh PT. Bhumi Manimbora Interbuana dengan fasilitas : Cottage, Alat Selam, Speed boat, Restoran. Pulau Sangalaki dikelola oleh perusahaan “Sangalaki Drive Lorge” sebuah perusahaan dari Malaysia yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Berau. Fasilitas yang disediakan seperti : Alat-alat Selam, Speed boat, Cottage, dll. Bagi turis yang ingin tinggal di losmen/penginapan milik masyarakat juga tersedia di desa pulau Derawan. Keseniannya yang terkenal adalah Tari Dalling, Sekayan dan Igal. Kemudahan mengunjungi obyek Wisata Bahari ini dengan menggunakan pesawat terbang Samarinda-Tanjung Redeb atau kapal laut Samarinda-Tanjung Redeb kemudian dilanjutkan dengan menggunakan speed boat ke Pulau Derawan.

  • Kerajaan Gunung Tabur dan Eks Keraton Samba Liung

Letak kedua kerajaan tersebut adalah di tepi Sungai Berau dan Sungai Kelay. Kedua Keraton ini bersebrangan dengan sungai saja dan Tanjung Redeb. Eks Keraton Gunung Tabur dijadikan museum yang disampingnya terdapat makam raja-raja Gunung Tabur dan masjid. Koleksi yang tersimpan di dalam museum yaitu : Kursi Kerajaan, Tempat Tidur Raja, Keramik, dll. Untuk mengunjungi obyek wisata ini dapat dicapai dengan menggunakan pesawat terbang Samarinda-Tanjung Redeb.

Share & Enjoy

Share to Google Buzz
Share to Google Plus
Share to LiveJournal
EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
Visit Kaltim

Buku Tamu

You must be signed in to post a comment


Hit Counter provided by recruiting services

Kontak Online