Get Adobe Flash player
Logo Wonderful Indonesia

Hotel

Quick Link

Kaltim Prov. Website

Disbudpar Provinsi Kaltim

Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia

Wisata Alam

KUTAI KARTANEGARA

Bukit Bangkirai

Kawasan wisata alam Bukit Bangkirai merupakan hutan alam yang dekat dengan kota  dan berfungsi sebagai monumen hutan hujan tropis di Kalimantan Timur. Hutan hujan tropis ini didominasi tumsuh-tumbuhan dari famili Dipterocarpaceae.seluas 1500 Ha

Bukit Bangkirai berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Namun lebih dekat bila ditempuh dari kota Balikpapan. Sebuah kawasan wisata hutan alam ini menjadi salah satu tempat observasi yang banyak dikunjungi oleh wisman maupun wisatawan lokal. Masuk ke kawasan Bukit Bangkirai ini dikenakan biaya sebesar Rp 2000 untuk dewasa, Rp 1000 untuk anak-anak, dan Rp 4000 untuk parkir mobil.

semakin masuk ke kawasan ini anda akan menjumpai “Canopy Bridge”. Berupa jembatan setinggi 30 M yang terbentang dari pohon Bangkirai yang satu ke pohon Bangkirai yang lain. Disini andrenalin anda akan ditantang dan untuk menaiki jembatan ini, dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per orang. Areal ini juga dilengkapi “green house” untuk berbagai jenis anggrek, dan area Outbond. Adapun fasilitas di kawasan Wisata Alam Bukit Bangkirai :

a. Canopy Bridge

b. Rumah Besar Lamin

c. Pondok Penginapan (Cottage)

d. Jalan Setapak (Trek)

e. Koleksi Anggrek dan Kebun Buah-buahan Hutan

f.  Area Perkemahan

g.  Program Adopsi Pohon dan Tanaman Memorial

h. Pelatihan Outbond.

Samboja Lodge

Samboja Lodge/BOS merupakan Tempat perlindungan bagi Orang Utan(Pongo Pygmaeus) dan Beruang Madu (Helarctos Malayanus). Wilayah ini merupakan hasil reboisasi yang memiliki lebih dari 740 jenis pohon asli Kalimantan. Disini terdapat enam pulau Orang Utan. Selain itu area seluas 159 hektar juga telah dialokasikan untuk pengembangan arboretum, sebuah tanam ilmiah besar, dimana sekitar 5.000 spesies pohon asli Kalimamtan dan sub-spesies akan ditanam.

Dilengkapi juga dengan tempat peristirahatan berupa Pondok Alam unik nan indah yang dibangun dengan menggunakan bahan-bahan alam yang bisa di daur ulang dengan gaya arsitektur lokal. Pondik ini dikelilingi dengan hijau pepohonan, danau air asin dan pemandnagan langsung ke Pulau Orang Utan. Walau terletak di Wilayah Kutai Kartanegara, namun cara termudah untuk mencapainya adalah melalui Kota Balikpapan (berjarak sekitar 35 Km dari Kota Balikpapan).[Dbpp] 

 

KUTAI BARAT

Gua Gelonggong

Gua Gelonggong terletak di Kampung Engkuni Pasek Kecamatan Barong Tongkok, 10 Km dari pusat Kecamatan. Gua ini merupakan salah satu tujuan wisata yang cukup menarik. Kawasan ini memiliki suasana yang sejuk dan damai jauh dari lalu lalang kendaraan bermotor.

Kersik Luay

Kersik Luay dalam bahasa Tunjung berarti padang sunyi. Kersik Luay merupakan padang pasir putih yang ditumbuhi berbagai habitat anggrek hutan. Kawasan ini terletak di Kampung Sekolaq Darat, Kecamatan Sekolaq Darat, berjarak sekitar 7Km dari pusat Kota Sendawar, dengan luas kawasan ± 500Ha. Ini merupakan kawasan dengan hamparan pasir putih yang ditumbuhi berbagai jenis anggrek, diantaranya : erya vania, erya vania floyribunda, coelogyne rocussoini, dan coelgyne pandurata atau anggrek hitam. Anggrek Hitam merupakan jenis anggrek langka dan hanya terdapat di Kutai Barat. 

Batuq Mili

Batuq Mili diyakini oleh masyarakat setempat sebagai tempat tinggal seseorang yang bernama Bengka’al (orang yang sangat kuat dan besar).  Batuq Mili merupakan batu yang tinggi dan dapat mencapai bulan, namun dipotong oleh masyarakat setempat bersama-sama dengan keturunan Hipui (bangsawan) dan dari sirulah bebatuan yang ada dikawasan riam panjang hingga sekarang.

Liang Hung

Liang Hung adalah sebuah gua dengan tanda-tanda historis, didalamnya terdapat bebatuan yang menyerupai meaja, uci dan berbagai peralatan rumah tangga. Ini diyakini sebagai tanda-tanda kehiduoan terdahulu sebelum ada kelompok atnis yang mendiami kasan Long Isun. 

Batu Dinding

Batu Dinding atau Batu Tenvang merupakan batu kapur yang mendingdingi dengan kokoh di sisi kiri dan kanan Sungai Mahakam. Batuan ini dapat kita lihat di perjalanan menuju Long Pahai dan Long Apari. Pada jaman dahulu bebatuan ini digunakan sebagai tempat meletakkan peti mati (lungun) suku Bahau. Lungun ini menambah indahnya panorama alam yang ada di Ulu Mahakam. Salah satu wisata alam yang menarik dan menantang adalah menelusuri hulu sungai Mahakam. Di sepanjang hulu Sungai Mahakam kita dapat menyaksikan keindahan alam, pepohonan serta beberapa jenis anggrek alam. 

Disamping itu terdapat juga tebing batu dinding yang cukup tinggi di wilayah Kecamatan Long Bangun.Wisata alam batu dinding dapat ditempuh dengan kapal sungai menuju Long Bagun. Di sepanjang perjalanan menuju hulu Sungai Mahakam tersebut, kita dapat singgah sejenak dan menikmati berbagai perkampungan suku Dayak di wilayah Kabupaten Kutai Barat yang sangat alami. Di kawasan ini terdapat legenda Batuq Ayau , yaitu kawasan bebatuan yang dipercaya sebagai tenpat pembuangan kepala musuh pada saat terjadinya perang antar suku di masa lalu. Perang tersebut sering disebut dengan istilah Mengayau. Gunung Batu ini juga nerupakan batas wilayah Propinsi Kalimantan Timur dengan Propinsi Kalimantan Tengah.

 

Share & Enjoy

Share to Google Buzz
Share to Google Plus
Share to LiveJournal

Pages: 1 2

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
Visit Kaltim

Buku Tamu


Warning: Creating default object from empty value in /home/kaltipari/public_html/wp-content/plugins/schreikasten/schreikasten.php on line 1814
You must be signed in to post a comment
Vila Istana Bunga
(Friday, Aug 8. 2014 11:53 PM)
Vila Istana Bunga
(Friday, Aug 8. 2014 11:40 PM)
VILLA ISTANABUNGA MENYEWAKAN BANYAK RAGAM JENIS VILLA DI LEMBANG BANDUNG
UNTUK INFORMASI SILAHKAN KUNJUNGI WEBSITE KAMI: http://VILAISTANABUNGA.WEB.ID

1

Hit Counter provided by recruiting services

Kontak Online