Get Adobe Flash player
Logo Wonderful Indonesia

Hotel

Quick Link

Kaltim Prov. Website

Disbudpar Provinsi Kaltim

Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia

Wisata Bahari

KUTAI KARTANEGARA

Muara Muntai

Kecamatan Muara Muntai Terletak di tepi Sungai Mahakam. Daerah ini merupakan transit bagi transportasi local untuk menuju lokasi obyek wisata,seperti: Danau Jepang, Danau Tanjung Isuy, Desa Mancong, Desa Lembonah, Desa Pentat, Desa Perigi (melalui Sungai Muara Ohong). Mata Pencaharian masyarakat yang tinggal di sini adalah nelayan. Atraksi yang dapat dilihat adalah rumah terapung, dan adanya ikan sungai segar yang dijual disini. 

 

KUTAI BARAT

Danau Bahadaq

Danau Bahadaq terl;etak di Kampung Tering, Keccamatan Tering, dengan luas sekitar 350 Ha. Danau Bahadaq dihuni oleh berbagai jenis ikan air tawar, sehingga danau ini menjadi andalan masyarakat nelayan setempat, termasuk bagi para pehobi mancing. Menyusuri danau ini sangat menarik karena di sisi kiri dan kanannya asri dengan pepohonan yang rindang. Suasana menjadi bertambah romantis ketika cahaya senburat merah matahari menyinari permukaan danau dan menyapa para nelayan saat menebarkan jalanya.

Danau Aco

Danau Aco terletak di kampung Linggang Melapeh Kecamatan Linggang Bigung, kurang lebih 8 Km dari pusat Kecamatan. Danau ini banyak digunakan untuk arena pemancingan. Tidak jauh dari danau ini, terletak Hutan Jaras yang diyakini oleh penduduk setempat sebagai Hutan Keramat.

 

 

 

Danau Beluq

Danau Beluq terletak di Kampung Dempar, Kecamatan Nyuatan. Masyarakat setempat percaya bahwa iar danau ini dapat sebagai obat jerawat. Danau Beluq dengan luas sekitar 25 Hektar dan kedalamanya mencapai 150 Meter. Menurut legenda, dulu di Danau Betuq terdapat sebuah lamin (Rumah Panjang) besar yang memiliki lebid dari 60 kamar.

Jantur Inar

Jantur (air terjun) Inar terletak di Kampung Temula, Kecamatan Nyuatan, berjarak ± 30Km dari pusat Kota Sendawar. Jantur Inar menjadi tempat para muda-mudi untuk berwisata sambil mandi di air terjun yang jernih dan sekaligus menemani setiap tetesan air yang mengalir.

 Jantur Menarung

Air Terjun menarung merupakan salah satu objek wisata yang banyak diminati pengunjung baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, karena jaraknya yang relatif dekat dari pusat Kota Sendawar, yakni ± Km. Jantur Menarung terletak di Kampung Ombau Asa, Kecamatan Barong Tongkok.

Jantur Mapan

Air terjun Mapan terletak di Kampung Linggang Mapan, Kecamatan Linggang Bigung. Jantur Mapan terletak di sisi jalan raya Barong Tongkok menuju Linggang Bigung, sehingga, jantur ini menjadi tempat paling populer bagi para remaja untuk melepas lelah sekaligus mandi di air terjun. Dalam area Jantur Mapan terdapat kompleks persembahyangan Goa Maria. Dengan situasi uang alami dan sunyi, tempat ini tepat untuk berdoa dan berziarah di bulan Maria kalender Liturgi Gereja Katolik

 

Jantur Tebalas

Air terjun Tebalas terletak di Kampung Melapeh Lama, Kecamatan Linggang Bigung, sekitar 10 Km dari pusat Kecamatan. Jantur inin banyak diminati pengunjung karena pemandian di jantur ini dikenal berair bening.

Danau Jempang

Danau Jempang memiliki luas ± 15.000 Ha merupakan salah satu kekayaan Kabupaten Kutai Barat. Danau Jempang terletak di Kecamatan Jempang. Danau ini banyak mengahasilkan berbagai jenis ikan sebagai penghasilan nelayan. Dengan panoramanya yang sangat eksotis dan air danau yang bersahabat, maka danau ini menjadi pilihan menarik untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti : Lomba perahu dayung, lomba ketinting, tempat upacara adat Pelas Danau. Umumnya rangkaian kegiatan itu dilaksanakn bersamaan dengan berlangsungnya Ehaq Jempang setiap bulan Mei. Pada sore hari, danau jempang sangat menawan untuk dikunjungi. Sambil menumpang ketinting menyusuri permukaan danau pengunjung dapat menikmati sunset.

Riam Udang

Riam Udang atau Giham Udang merupakan kawasan objek wisata yang berada dalam wilayah Kecamatan Long Bagun. Riam ini menunjukkan keganasannya saat air pasang.

Riam Panjang

Riam Panjang adalah Kawasan objek wisata riam yang berada dalam wialayah Kecamatan Long Pahangai. Riam dengan panjang kurang lebih 1,5 Km ini terdapat titik riam-riam yang ada di dalamnya, antara lain : Napoq Hidah, Batoq Lapung, Nyalung, Nap, Luvung Inung, Long Kawat, Beliuq, Ban Palang, Keneheq, Ban Hong, Ban Palang Ayaq, Lirung Mititng, Hit Ayaq dan Batuq Kelau. Kawasan ini juga sangat menantang untuk para olahragawanarung jeram.

 

KUTAI TIMUR

Pantai Pangan Daran 

Terletak di desa pangandaran kecamatan Sangkulirang. Jaraknya dari sangkulirang kea rah laut dengan speedboat lebih kurang 2jam. Daya tarik obyek wisata ini adalah pantai dengan pasir putih, gelombang laut dan ikan lautnya.

Pantai Teluk Lombok dan Teluk Perancis

Terletak tidak jauh dari kota Sangatta yang merupakan ibukota Kabupaten Kutai Timur. Tempat ini dapat dicapai dengan menggunakan jalur darat dari Sangatta sekitar 15 km menyusur pantai timur Kutai Timur. Pemandangan pantai dan laut menjadi daya tarik utama tempat ini, ditambah dengan lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota, diharapkan dapat menjadi tempat berwisata bagi penduduk kota Sangatta.

Pulau Birah-birahan

Terletak di kecamatan Sangkulirang, pulau ini dapat dicapai dengan menggunakan kapal motor cepat dari Sangatta atau Benua Baru, Sangkulirang. Pulau Birah-birahan selain memiliki keindahan pemandangan laut juga memiliki keindahan alam bawah lautnya, seperti taman laut dengan keanekaragaman karang laut yang indah, dan ikan hias yang beraneka ragam.

Share & Enjoy

Share to Google Buzz
Share to Google Plus
Share to LiveJournal

Pages: 1 2 3

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
Visit Kaltim

Buku Tamu

You must be signed in to post a comment


Hit Counter provided by recruiting services

Kontak Online